Tips mengobati sakit kepala secara alami ampuh

Tips mengobati sakit kepala secara alami ampuh - setiap orang pernah mengalami minimal satu atau dua kali sakit kepala seumur hidupnya. Apalagi ada beberapa orang harus menderita dari waktu ke waktu karena memiliki migrain.
Sayangnya, hampir semua juga mengatasi keluhan itu dengan mengandalkan obat-obatan. Padahal, terlalu mengandalkan obat berbahan kimia bisa mengganggu organ tubuh. Misalnya saja, seseorang yang mengonsumsi obat yang mengandung acetaminophen bisa menyebabkan kerusakan organ hati, kemudian pada aspirin akan menyebabkan gangguan lambung ataupun bisul.
Karena itu, tak ada salahnya sekarang Anda beralih ke tanaman herbal. Karena selain tak memiliki efek samping, ada beberapa tanaman herbal yang bisa membantu mengatasi sakit kepala Anda.

Di bawah ini ada lima tanaman herbal yang bisa dijadikan referensi mengatasi sakit kepala,

Tamanan gandarusa

Tanaman gandarusa sudah secara klinis terbukti cukup efektif untuk mengatasi sakit kepala dan nyeri lainnya. Kondisi itu bisa terjadi karena gandarusa memiliki kandungan salisin, dimana zat tersebut akan dikonversi dalam tubuh jadi asam salisilat untuk mengatasi rasa nyeri sakit kepala.

Tanaman butterbur

Baru-baru ini penelitian menemukan bahwa tanaman butterbur efektif untuk meredakan sakit kepala migrain.  Dimana dalam hasil penelitian itu, peneliti dari Albert Einstein College of Medicine menemukan data, dari 245 penderita migrain, 68 persen diantaranya mengalami penurunan setidaknya  50 persen dari gejala migrain saat menggunakan butterbur.

Bila  Anda tertarik ingin mencoba butterbur, pastikan kemasan butterbur berlabel free PA ( pyrrolizidine alkaloid ) sebelum Anda membelinya. Hal itu menunjukkan zat alkoloid yang beracun pada tanaman butterbur sudah dihilangkan.

Daun feverfew

Daun feverfew sudah lama digunakan dan cukup sukses untuk mengatasi nyeri migrain seseorang. Hal itu bisa terjadi karena  daun feverfew memiliki sifat anti-inflamasi dari kandungan parthenolide yang menghambat zat kimia yang menyebabkan pembuluh darah otak kejang. Untuk mendapat manfaat ini, disarankan untuk mengonsumsi 250 miligram ekstrak feverfew setiap hari selama bulan untuk menimalisasi kambuhnya migrain.

Tanaman kopiah

Tanaman kopiah aman dan sejauh ini sudah menjadi solusi efektif untuk meredakan nyeri sakit kepala. Sekarang sudah banyak tanaman ini sudah banyak diperjualbelikan berupa kapsul dan ekstrak. Tetapi, pastikan Anda mendapatkan ramuan murni tanaman kopiah. Sebab, terkadang kopiah itu sudah dicampur atau berbahan baku lain.

Jahe

Beragam manfaat kesehatan terdapat dalam jahe, salah satunya ialah membantu mengatasi nyeri sakit kepala. Belakangan ini jahe sudah banyak dijualbelikan dalam bentuk kapsul atau berupa irisan tipis yang dididihkan menjadi teh. Bila Anda memilih untuk mengonsumsi jahe dengan dijadikan teh, Anda harus mendidihkan jahe setidaknya 30 menit untuk mendapat tingkat kematangan yang baik.