Manfaat dan Bahaya Kacang Tanah

Manfaat dan Bahaya Kacang Tanah - Kacang tanah mungkin menjadi penikmat sajian masakan Anda. Tapi, perlu diwaspadai karena kacang ini juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan.
Ya, tanaman yang termasuk polong-polongan ini merupakan tanaman penting setelah kacang kedelai. Mengonsumsi kacang ini bisa dimakan mentah, direbus, digoreng, atau disangrai.


Manfaat lainnya, bisa sebagai penurun tekanan darah tinggi, menurunkan kandungan kolesterol dalam darah, melegakan penyakit hemofilia atau kecenderungan mudah berdarah, keputihan hingga insomnia.

Namun, penderita kanker payudara dan memiliki masalah dengan jerawat tak disarankan mengonsumsi makanan ini. Hal penting lainnya ialah kacang tanah yang tak layak kondisi tak boleh dikonsumsi karena bisa menyebabkan kanker hati. Kondisi tak layak itu di antaranya rasa yang aneh, berjamur, dan busuk.

Gejala yang muncul pada penderita kanker hati ialah rasa mual, muntah, penurunan berat badan, rasa sakit di sebelah kanan, tepat di bawah rongga rusuk dan gatal-gatal, seperti diulas dalam buku “Tahukah Anda Fakta Buah & Sayur yang Berbahaya” karya J Haryadi terbitan Dunia Sehat.