Efek kebanyakan Makan Bawang Merah

Efek kebanyakan Makan Bawang Merah - Bawang merah menjadi tanaman yang sering dijadikan penyedap masakan. Namun tahukah Anda, ternyata bawang merah juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan karena kesalahan pengolahan.

Kandungan dalam bawang adalah vitamin C, kalium, serat, asam folat, kalsium, zat besi juga sebagai zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.


Kegunaannya selain menjadi bumbu juga menjadi obat tradisional karena kandungan efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa ini oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat dan alliisin sebagai antri mikroba yang bersifat bakterisisida.

Namun, hati-hati juga dalam menggunakannya karena bawang merah memiliki kelembapan berlebih yang mengakibatkan pusing, menggelapkan penglihatan, migrain, sakit kepala, dan mengakibatkan gas. Selain itu, jika terlalu banyak mengonsumsinya maka bisa menyebabkan bau mulut dan napas, seperti dikutip dari buku “Tahukah Anda Fakta Buah & Sayur yang Berbahaya” karya J Haryadi yang diterbitkan Dunia Sehat.