Tips Mengolah Buah Srikaya

Tips Mengolah Buah Srikaya - Hati hatilah saat mengonsumsi buah. Bukannya menyehatkan, salah mengolah atau mengonsumsi buah justru mendatangkan penyakit.
Srikaya, misalnya. Buah yang dalam bahasa latin diberi nama Annona Squamosa ini memang memiliki manfaat sehat. Namun, buah ini juga berbahaya karena mengandung racun di bagian biji, akar, dan kulit pohon jika dikonsumsi dengan cara direbus. Pasalnya, biji srikaya mengandung minyak resin dan bahan beracun yang bersifat iritan.


Tak hanya itu, ibu hamil pun tak dianjurkan meminum rebusan biji buah srikaya karena dapat membahayakan keselamatan ibu dan janin, seperti diulas dalam buku “Tahukah Anda Fakta Buah & Sayur yang Berbahaya” karya J Haryadi terbitan Dunia Sehat.

Meski demikian, sederet manfaat juga tak bisa disepelekan. Seperti diketahui, buah srikaya mengandung tanin yang berkhasiat mengobati diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan. Buah srikaya juga bermanfaat untuk kulit, rambut, serta mata. Kandungan vitamin C dalam buahnya dapat membantu melawan radikal bebas.